jemarimu sumber informasi terkini
Artikel Kripto Dunia Kripto

Cara Membeli Bitcoin Menggunakan Kartu Kredit

Panduan praktis membahas cara cerdas membeli Bitcoin menggunakan kartu kredit bagi investor yang tertarik.

Jemarimu.id – Dalam upaya untuk membeli Bitcoin dengan kartu kredit, kalangan investor dan individu mencari metode yang nyaman. Salah satu metode populer adalah memanfaatkan kartu kredit untuk membeli Bitcoin. Investopedia menyebutkan bahwa membeli Bitcoin dengan kartu kredit memiliki beberapa keuntungan, seperti transaksi yang cepat dan mudah.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli Bitcoin dengan kartu kredit, ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan agar dapat melakukannya dengan bijaksana. Investopedia memberikan panduan langkah-langkah dalam membeli mata uang kripto ini dengan kartu kredit.

Cara Membeli Bitcoin Dengan Kartu Kredit

Langkah pertama adalah melakukan penelitian mengenai berbagai opsi kartu kredit yang tersedia sebelum memulai proses pembelian. Tidak semua kartu kredit mendukung pembelian Bitcoin, sehingga penting untuk memastikan bahwa kartu kredit yang kita pilih dapat berfungsi untuk transaksi Cryptocurrency. Beberapa kartu kredit yang umumnya dapat terpakai untuk pembelian Bitcoin adalah American Express, Mastercard, Visa, dan SoFi.

Langkah kedua Setelah meneliti opsi kartu kredit yang tersedia, langkah selanjutnya adalah mencari bursa Bitcoin yang memfasilitasi transaksi menggunakan kartu kredit. Tidak semua bursa menyediakan opsi pembayaran kartu kredit, dan beberapa bursa mungkin memiliki persyaratan khusus. Oleh karena itu, penting untuk memilih bursa yang terkenal, dapat kita andalkan, dan memiliki antarmuka pengguna yang mudah kita gunakan. Beberapa bursa populer yang menerima pembayaran kartu kredit untuk pembelian Bitcoin antara lain Binance, Kucoin, dan Revolut.

Langkah ketiga Setelah memilih bursa yang sesuai, langkah berikutnya adalah membuat akun dan menghubungkan kartu kredit ke platform tersebut. Sebagian besar bursa akan meminta pengguna untuk menyelesaikan proses verifikasi “kenal-pelanggan” (know-your-customer/KYC) untuk mematuhi persyaratan regulasi. Selama proses ini, pengguna harus memberikan informasi pribadi seperti nama lengkap, identifikasi (misalnya, paspor), bukti alamat (misalnya, tagihan utilitas), dan dalam beberapa kasus, nomor keamanan sosial. Setelah akun terverifikasi, rincian kartu kredit dapat kita tambahkan, termasuk nomor kartu, CVV, tanggal kadaluarsa, dan alamat penagihan.

Langkah keempat Setelah kartu kredit terhubung, pengguna dapat menentukan jumlah Bitcoin yang ingin mereka beli dan memilih opsi pembayaran dengan kartu kredit. Setelah mulai transaksi, pengguna akan masuk ke halaman transaksi kode sandi sekali pakai (OTP) dari bank untuk mengautentikasi pembelian. Petunjuk dari bank harus kita ikuti, dan setelah verifikasi berhasil, Bitcoin yang dibeli akan disimpan dalam dompet pengguna.

Pertimbangan Penting

Investopedia juga menyoroti beberapa pertimbangan sebelum membeli Bitcoin melalui kartu kredit. Pertama, penting untuk memahami struktur biaya yang terkait dengan pembelian menggunakan kartu kredit di bursa yang kita pilih. Beberapa bursa mungkin mengenakan biaya tambahan untuk transaksi kartu kredit atau memiliki biaya keseluruhan yang lebih tinggi dibandingkan metode pembayaran lainnya.

Selanjutnya, volatilitas Bitcoin perlu kita perhatikan, dan berinvestasi menggunakan kartu kredit dapat memiliki risiko. Konsekuensi potensial dari berhutang untuk membeli aset yang volatil harus kita pertimbangkan secara cermat. Membayar suku bunga tinggi pada kartu kredit untuk investasi yang berisiko mungkin tidak bijaksana secara finansial.

Aspek keamanan juga penting, dan pemilihan bursa yang memiliki reputasi kuat dalam hal keamanan sangat dianjurkan. Mempercayakan informasi pribadi, termasuk rincian kartu kredit, kepada platform yang tidak aman dapat meningkatkan risiko pencurian identitas dan penipuan.

Terakhir, beberapa penerbit kartu kredit mungkin menganggap pembelian mata uang kripto sebagai penarikan tunai, yang dapat menyebabkan biaya tambahan dan suku bunga yang lebih tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dan memahami ketentuan dan kebijakan kartu kredit yang kita gunakan sebelum membeli Bitcoin.

Robert Kiyosaki, penulis buku “Rich Dad, Poor Dad,” juga mengingatkan para investor yang mengandalkan kartu kredit untuk membeli aset kripto agar berhati-hati dan menghindari menimbun hutang baru. Kiyosaki menekankan pentingnya menerapkan anggaran dan melacak pengeluaran serta menghindari jatuh kembali ke dalam siklus hutang. Menjadi bebas dari hutang kartu kredit adalah perjalanan yang membutuhkan kesabaran, disiplin, dan ketekunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *